FOTO KEGIATAN

Kreativitas Anak Taman kanak-kanak

Minggu 18 April 2010
Oleh: Andi Mardaya


Festival Lomba Seni dan Sastra Tingkat Taman Kanak-kanak
di Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan




Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat, bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Dengan hal tersebut diharapkan anak-anak dapat mengembangkan kreativitasnya sesuai dengan tahapan umur dan kemampuannya. Hal ini sejalan dengan program pemerintah seperti yang disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada 25 juni tahun lalu pada Pekan Produk Kreatif 2009 (PPKI)mengatakan perlunya memberikan pendidikan kreatif kepada anak sedini mungkin. Tujuannya agar anak memiliki kreativitas dan inovasi di bidang produksi kreatif.
Dalam rangka menyongsong HARLA IGTKI diadakan lomba kreativitas anak dan guru tingkat kabupaten soppeng yang dilaksanakan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Soppeng. Lomba kreativitas ini di ikuti oleh seluruh TK di kabupaten Soppeng yang mana menembus tingkat kabupaten ini anak didik telah melalui seleksi di tingkat kecamatan masing-masing.

Hanti, S.Pd Kasi Kurikulum Kabupaten Soppeng mengatakan bahwa : tujuan dari lomba ini adalah untuk menumbuhkan sikap sportif, disiplin, jujur dan kebersamaan, mengembangkan 6 bidang pengembangan yang ada di TK, memperkenalkan serta mengembangkan rasa berkompetensi secara sehat, mempererat rasa persaudaraan dan sikap saling menghargai serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan antar sesama anak didik, begitu pula antar guru TK.

Di samping itu beliau mengatakan kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini dan meningkatkan martabak guru taman kanak-kanak, sebagai salah satu upaya bentuk perhatian kepada anak didik sejak usia dini, sekaligus memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengembangkan bakat kreativitasnya. Sedangkan bagi kalangan guru mampu meningkatkan semangat kompetisi serta menuangkan gagasan kreatif dan inovatif, yang berdampak pada perbaikan proses belajar mengajar. Guru mempunyai peran yang sangat strategis mulai dari perencana proses pembelajaran sampai mengembangkan kecerdasan anak. Untuk itu seorang guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menemukan cara-cara baru agar anak didiknya mempunyai perasan senang dan tertarik mengikuti proses belajar mengajar.

Adapun jenis lomba dan juara pada Festival Lomba Seni dan Sastra Tingkat Kabupaten Soppeng adalah :
1. Lomba Mencipta Lagu juara; I TK PKK Pacongkan Liliriaja atas nama Hj. Kaswati, M.Si,
Juara II TK Barata Marioriwawo atas nama Hj. Nurmatiah, S.Pd, Juara II Donri-Donri.
2. Lomba Lagu anak-anak : juara I Kec. Liliriaja, juara II Kec. Marioriwawo, juara III Kec.
Lalabata
3. Lomba Melukis : Juara I TK Pembina Lalabata atas nama Aulia Sahira, juara II TK Ciddai
Citta atas nama Fahrul Rosi, juara III TK PKK Mujahidin Lamogo Liliriaja
4. Lomba Finger Painting : Juara I TK Ciddai Citta atas nama Radiatul AWaliah, juara II TK
Pertiwi Takalala Marioriwawo, juara III TK Sitampai Lilirilau.

Juara Umum I Kecamatan Citta
Juara Umum II Kecamatan Liliriaja
Juara Umum III Kecamatan Lalabata

Pemenang di tingkat kabupaten akan di ikut sertakan di tingkat provinsi




 
Ada kesalahan di dalam gadget ini