Jumat, 24 September 2010

Kelelawar Soppeng, bergelantungan sejak jaman kerajaan hingga saat ini




Soppeng adalah salah satu kota tercantik di propinsi Sulawesi Selatan dan Merupakan bekas kotaraja masa lampau, mempunyai wilayah kekuassaan serta pengaruh yang cukupluas diantarakerajaan-kerajaan lokal lainnya. ini dibuktikan dalam tulisan-tulisan kuno orangbugis yaitu "Lontara". Salah satu coro yang luar biasa dari kota ini adalah banyaknya kelelawar.Bergelantungan pada pohon sambil mengeluarkan suara tanpa menghiraukan arus lalulintas sekelilingnya.
Kalong
Keberadaan kalong (bugis=panning)di jantung Kota Watansoppeng, semakin menambah pesona kota ini, karena itu kota Watansoppeng dijuluki sebagai kota kalong. Uniknya kalong ini hanya mau berdiam dan bergelantungan di pepohonan di kota Watansoppeng.
Menjelang matahari tenggelam diufuk barat, kalong ini beterbangan mencari makanan dan menjelang matahari terbit seiring dengan gema suara azan subuh, kalong ini kembali ke tempatnya dengan suara yang khas dan berisik seakan membangunkan masyarakat kota Watansoppeng untuk memulai aktifitasnya. (dari www.soppeng.go.id)
Bahkan, keberadaan kalong ini mempunyai mitos sendiri bagi masyarakat Soppeng. Jika kalong ini mendadak meninggalkan kota Soppeng, masyarakat yakin akan ada bencana yang menimpa. Atau, bagi warga pendatang yang ingin menikah dengan gadis Soppeng harus pernah kena kotoran kalong dulu.
Kalong

0 komentar:

Posting Komentar