Jumat, 24 September 2010

TEMBAKAU CABENGE - SOPPENG



Tembakau Legendaris dari kabupaten Soppeng,yang belon dilintasi jalan trans sulawesi, bagaikan gotham city,karena banyaknya 'anak buah' bruce wayne,alias batlawar. Populer dengan nama tanaman tembakau Cabenge, mencapai 212 hektar,menghasilkan produksi sekitar 150 ton.
Daun-daun tembakau dari perkebunan akan digunakan untuk bahan baku rokok bugis yang proses produksinya masih sederhana. Hasilnya bisa dipasarkan hingga ke ibu kota provinsi tetangga, Palu,Makasar.
Tembako "soppeng". package-nya bumbung, terdiri
dari beberapa bagian. setiap bagian seperti
dipres, bentuknya silinder tipis mirip gula aren.
sebelum dibakar, baunya manis dan kecut
nyegrak/sengak. konon katanya dibumbui gula merah
dan cuka aren.

di makassar, dijual di pinggir jalan dan larisnya
bukan main. tempatnya pindah-pindah pakai jadwal
segala. mungkin karena larisnya. pembelinya
kebanyakan bermobil.
Berkat kebaikan rekan,1'tube' soppeng,saya dapatkan,wah benar2 nikmat..dibanding kan tembakau Srinthil Temanggung,Garangan Parakan,Ampenan super deluxe,Boyolali super,tidak kalah 'kekuatannya'.
Memang karena udah di proses,terasa seragam,aroma menyengat,tetapi enak,manis,stabil dalm pembakaran sejak awal sampe habis.Yang membedakan hanya pada ciri khas tembakau setempat tidak/kurang 'terbaca/muncul',berbeda dgn tembakau2 jawa.Tetapi, untuk berkompetisi dgn tembakau luar/erinmore dkk,tak kalah 'heavy',hanya kalah keren,dlm proses maupun komposisi.
Disadur dari Kompas 10/12/2003 juga analisa rekan jkt.., thanks a lot.

0 komentar:

Posting Komentar